Cara Mengetauhi Urutan Tangga Nada Minor dari Tangga nada majornya





 Hello sobs,kembali lagi sama gw nih,blog ini udh gak keurus,tapi gw ingin setiap kita bisa hafal semua tangga nada minor dan mayor,makanya gw mo share cara cepat ,atau cara praktisnya supaya kita bisa tau tangga nada minor dari majornya

Jadi ,scale minor adalah scale yang biasanya digunakan pada lagu sedih,pokoknya yang kita dengar nadanya agak berbeda ,pasti minor.Kita Kudu apal minor karena minor sama major adalah scale paling dasar .

Jadi rumusnya sama dengan = Nada ke 6 Pada tangga nada major = Minor Natural

OK  Guys,gw jelasin di sini\
Jadi jika kita bermain pada tangga nada C major,maka urutan tangga nadanya adalah seperti ini 
C-D-E-F-G-A-B-C dengan interval 1-1-1/2-1-1-1-1/2
Jika kita menggunakan rumus yang tadi maka kita dapatkan T.N. A minor Natural,yang urutannya seperti ini
A-B-C-D-E-F-G-A dengan interval 1-1/2-1-1-1/2-1-1

T.N A minor melodis
A-B-C-D-E-F-G#-A (nada ke 7 dinaikan setengah)
T.N A minor harmonis
A-B-C#-D-E-F-G#-A(nada ke 7 dan 3 ketiga dinaikan setengah)

udah ngerti kan ?,kalo belom baca lagi.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mengetauhi Urutan Tangga Nada Minor dari Tangga nada majornya"

  1. Saya akan menggunakannya sebagai nada dering ponsel saya. Terima kasih telah membagikannya. Saya ingin mengcover musik klasik jadi butuh catatan dan lirik yang Anda bagikan toque de celular.

    ReplyDelete